STIGMA HIV AIDS

 

Desember

1 Desember : Hari AIDS Sedunia

hari ini 1 Desember selalu diperingati sebagai hari AIDS sedunia, dari tahun ke tahun selalu diperingati tetapi selalu naik juga jumlah orang yang terkena HIV AIDS ini. Penyakit ini menjadi salah satu penyakit yang merenggut banyak orang, apalagi gejala-gejala terkena penyakit ini tidak terlalu terlihat pada awalnya.

pergaulan bebas menjadi salah satu penyebab menyebarnya penyakit ini. pergaulan bebas itu bisa berupa free sex, narkoba, dan lain-lain. kadang beberapa orang tidak tersadari terkena penyakit ini, baru mereka sadari ketika mereka melakukan pemeriksaan.

menurut data yang dikutip dari Tribunnews.com, sejak tahun 1995 sampai 2015 ini sudah 809 orang menderita HIV/AIDS dan dalam rentang waktu Januari hingga Juni 2015 penderita AIDS masih didominasi oleh ibu rumah tangga yang mencapai 16 orang, enam di antaranya adalah Pekerja Seks Komersial (PSK).

mengapa ibu rumah tangga?? menurut berita ini dikarenakan para suami yang suka “jajan. ya memang tidak bisa dihindari free sex menjadi momok yang luar biasa dalam kehidupan ini. free sex tidak hanya dilakukan oleh para pria atau wanita dewasa tapi juga dilakukan oleh para remaja. parahnya lagi terlihat hanya mementingkan kepuasan batiniah tanpa melihat dengan siapa melakukannya. tanpa disadari ternyata sudah tertular dan ada yang menularkannya ke pasangan sebenarnya tanpa disadari sebelumnya.

pemakaian jarum suntik pada pemakaian narkoba juga bisa menyebabkan HIV AIDS ini. saat ini pemakai narkoba sudah sangat banyak, bisa dibayangkan jika para pemakai tersebut memakai jarum suntik yang sama untuk mengonsumsi narkoba, apalagi jika para pemakai narkoba tersebut ada yang sudah mengidap HIV AIDS.

sebenarnya penyakit HIV AIDS ini bisa dicegah dengan tidak melakukan free sex dan tidak mengonsumsi narkoba serta menjalankan kehidupan yang normal-normal saja. namun bagi yang sudah terkena yang bisa dilakukan adalah meminum obat yang dianjurkan oleh kementerian kesehatan dan tetap menjalankan kehidupan yang baik, tidak lagi melakukan hal-hal yang bisa menyebarkan penyakit ini ke orang lain.

HIV AIDS ini sudah menjadi masalah sosial di Indonesia, namun seperti tidak dianggap serius oleh pemerintah. ini yang harus diubah oleh pemerintah, memang saat ini pemerintah tengah fokus untuk memperbaiki kehidupan ekonomi Indonesia. namun pemerintah juga tidak boleh lengah dalam menangani kasus HIV AIDS ini, penanganan free sex dan pencegahan narkoba harus semakin digencarkan agar tidak ada lagi yang terkena HIV AIDS.

pemerintah juga harus peduli terhadap orang-orang yang sudah terkena HIV AIDS ini. banyak orang yang sudah terkena penyakit ini menganggap hidupnya sudah selesai, tetapi ada juga orang-orang yang tetap berjuang dan menjalani kehidupannya seperti biasa. bahkan masih ada yang tetap bekerja layaknya orang sehat. hal ini seharusnya yang pemerintah dan keluarga terdekat tanamkan bagi orang-orang yang terkena HIV AIDS.

ada pernyataan yang menyatakan bahwa salah satu obat untuk sembuh adalah semangat hidup. ya memang jika dalam diri pribadi tersebut ada semangat untuk sembuh pasti ada keinginan untuk melakukan sesuatu yang bisa membuat ia melupakan penyakitnya dan menjalani kehidupan secara normal.

bagaimana kita yang tidak terkena??? stigma untuk menjauhi orang yang terkena HIV AIDS adalah sangat salah seharusnya kita tetap merangkul dan tetap menganggap mereka layaknya orang yang biasa. HIV AIDS tidak menular melalui udara seperti flu atau batuk, HIV ADIS juga tidak menular melalui air ludah, gigitan, bersin, berbagi perlengkapan mandi, handuk atau peralatan makan, memakai toilet atau kolam renang yang sama, digigit binatang atau serangga seperti nyamuk.

jadi mari hilangkan stigma bahwa orang yang terkena HIV AIDS harus kita jauhi, yang benar adalah jauhi penyakitnya bukan orangnya. kita yang tidak terkena juga bisa menjadi teman cerita atau kita bisa membuat suatu kelompok kecil atau mengajak mereka ikut dalam komunitas yang mengatasi masalah HIV AIDS ini untuk berbagi cerita agar orang-orang yang terkena HIV AIDS tidak merasa sendiri karena penyakit tersebut.

semoga di tahun depan ketika kembali memperingati hari AIDS sedunia ini ada kabar baik bahwa orang-orang yang terkena HIV AIDS telah menurun dan pemerintah bisa menangani masalah sosial ini.

selamat hari AIDS sedunia….

 

sumber :

http://www.alodokter.com/hiv-aids/penyebab/

http://www.tribunnews.com/regional/2015/12/01/perlu-keseriusan-pemerintah-untuk-menanggulangi-masalah-aids

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s