Next PIT STOP-nya Mba Nana

Kemarin sore, presenter berita dan talkshow milik Metro TV Najwa Shihab merilis sebuah foto yang menunjukkan bukan hanya gambar dirinya dia di acara Mata Najwa tetapi juga sebuah tulisan yang dikemas dengan mengambil konsep berita di surat kabar. Menggunakan konsep koran ini tidak biasanya dipakai oleh Najwa Shihab ketika mem-posting sesuatu di social media miliknya.  Biasanya mba Nana, panggilan akrabnya, di twitter biasa me-retweet dari akun twitter mata najwa ataupun akun-akun berita lainnya, selain itu biasanya postingan mba Nana di instagram juga muncul di twitter.

Beda dari biasanya, pukul 18.11 WIB, akun @NajwaShihab muncul di timeline twitter saya dengan sebuah foto dan caption “Menuju Catatan Tanpa Titik. #matanajwa #catatannajwa”.

DGs_jLYVwAAr7nx

Sumber : Twitter @NajwaShihab

Membaca dengan seksama, cukup kaget dengan tulisan dalam foto tersebut. Tetapi mencoba memahami alasan program Talkshow yang sudah terkenal itu tidak diproduksi lagi dan alasan ibu anak satu itu tidak lagi bekerja di stasiun tv yang sudah ia diami selama 17 tahun.

Memang bukan minggu ini akhir dari program Mata Najwa maupun Najwa Shihab mengakhiri kariernya di Metro TV. Tapi twitter dan instagram mba Nana “resign” seakan membuat banyak pihak belum siap untuk kehilangan program acara yang menunjukkan kualitas yang berbeda dengan program acara lainnya, apalagi tidak melihat mba Nana kembali bertanya kepada narasumber dengan tatapannya dan pertanyaan yang bisa dibilang terkadang tidak terpikirkan.

Ke mana mba Nana akan berlabuh?

Tidak ada yang tau pasti, mba Nana pun tidak memberikan konfirmasi detil tentang alasan mundur dan  hal yang akan ia lakukan setelah resign. Isu mba Nana mundur pun banyak tersebar, ada yang bilang karena terkait wawancara eksklusif dengan Novel Baswedan, di mana katanya Metro TV tidak memberikan izin untuk syuting topik tersebut dan sempat tidak boleh disiarkan di Metro TV, dan mungkin Mba Nana ingin istirahat sementara dari dunia jurnalistik. Mungkin saja mba Nana ingin fokus dengan kegiatan off air yang ia miliki, seperti yang kita ketahui bahwa mba Nana adalah duta baca Indonesia.

Apapun alasannya yang jelas mundur di saat acara tersebut mendapatkan respon yang sangat positif dari masyarakat adalah suatu penghargaan sendiri. “Mundur dengan kepala tegak dan senyum lebar”patut dilakukan oleh mba Nana.

Yang menjadi perkara adalah hilangnya program acara yang mendidik masyarakat. Di tengah serbuan sinteron India, Turki dan tentunya Indonesia, berhentinya program Mata Najwa yang sudah memiliki episode 511 memiliki kesedihan tersendiri. Paling ingat saat program ini membuat konsep debat cagub DKI Jakarta yang banyak mendapatkan atensi dari masyarakat sekitar karena memiliki debat terbaik dibandingkan debat lainnya bahkan debat yang dilaksanakan KPU sendiri.

Untitled

Sumber : Twitter @yunartowijaya

Rasanya kenangan baik lebih banyak yang ditinggalkan mba Nana selama menjadi tuan rumah Mata Najwa.

Semoga next pit stop-nya mba Nana bisa memberikan kesempatan yang luas buat mba Nana untuk berkreasi dan sekalipun mungkin saja akan mengikuti jejak rekannya dahulu Putra Nababan yang beralih ke dunia start up, saya rasa influence dari mba Nana akan tetap kita rasakan.

New Step… New Andventure.. #catatannajwaneverending

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s